BUMI MALANG MIG33

www.bumimalang.tk
Photobucket
e-book Usaha Toko Sembako
SELAMAT DATANG DI BUMI MALANG SATU BUMI UNTUK MALANG by hagemaru_j
e-book Usaha Toko Sembako hagemaru_j




Senin, 26 September 2011

Untuk Siti













19 thn lalu stiap ada orang berseragam pramuka dr desa tetangga aku dan temanku selalu mengejeknya dengan bilang siti gendeng siti gendeng, namanya memang siti dan dia memamang gila dan ketika dia menoleh karena ejekan kita kemudian lari sambil ketawa hahahaaaaaa, dan itu kita lakukan setiap hari dan sepertinya sangat mengasikkan menggoda orang gila itu


19 thn berlalu kini dia sma (krna seragam abu2 ngak pramuka sekarang :D)
setiap hari pun dia datang entah pagi siang sore mampir ke tokoku 
seperti biasa ketika dia datang aku hanya senyum dan selalu sekilas kenangan waktu itu


dia datang ketoko hanya untuk menghitung uang recehnya, kadang uang yang dihitung kurang dua ratus rupiah kadang lima ratus rupiah dia selalu bilang " le, tambahono mangatos gae tambah le, kurang e" 
, biasanya jika ada orang minta seperti "sudah minta, ngarani maneh yang besarnya yang diminta" aku tak memberi nya namun kali ini beda untuk siti :S seperti tak kuasa menolak permintaannya"


ia memang cuma lima ratus rupiah tapi tahukah anda ibu anda jika ke pasar selisih harga dua ratus rupiah saja akan memilih ke toko yang lebih murah, tahukah anda bagaimana cerewetnya ibi ibu anda ketika menawar T,T dan tahukah anda betapa sakit hatinya saya bila dia bilang kemahalan padahal disebelahnya ada pelanggan setia saya, bagaimana jika pelanggan setia saya pindah kelain hati cuma gara gara 1 barang dan sebenarnya barang itu memang tak stabil yang bisa sekarang naik besok turun dan sebagainya contoh minyak dan gula


ketika masih awal awal buka toko aku pun tak tahan males banget melihat ibu ibu yang kalo beli itu cerewet  dan kadang dalam hati pernah bilang dia kagak beli kagak apa apa, toh aku masih lajang ngak ada tanggungan makan juga masih ikut orang tua 
namun sifat inilah yang malah membikin beberapa pelangganku ke lain hati T.T kemudian aku sadar dan Allhamdulillah dengan cepat menemukan rumus 
1. Cerewet tidak apa apa yang penting kagak ngutang
2. minta didahulukan tidak apa apa yang penting ngutil
3. nawar dibawah harga tak apa apa yang penting jujur yang dikatakannya


begitulah kelakuan ibu ibu kalian di pasar :/ makanya jangan habur hamburin uang jika masih meminta ibu karena berdampak pada sakit hati kami para pedagang T.T 
contohnya ya : 
pmbeli : mas harga beras sekilo berapa?
aku : 8.500 bu
pembeli : bla bla bla bla di dalam saja 8.200 dari pada aku capek kedalam 
aku : (aku kira mau beli banyak) ya udah ngak papa berapa kilo?
pembeli : setengah kilo aja deh
dahi langsung aku kerutkan mata aku cincing( gimana ya caranya nyincing mata, akh masak bodo kamu kan pembaca mikir ndiri donk :P ) hatiku langsung teriak maaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk


aku : kalo setengah kilo 4.500
pembeli : lah sekilo kan 8.200 kalo setengah kilo ya 4.100 aku walaupun lulusan smp tapi pintar matematika mas, bla bla bla bla
aku : (sebel tingkat akut ini) ia bu kalo sekilo 8.200 kalo setengah 4.500 itu harga yang saya tetapkan semakin besar barang yang ibu beli semakin murah harganya. kalo ibu ndak mau juga mboten nopo nopo dengan tetap smile :) ( padahal dalam hati hus hus udah udah pergi sana bikin makan hati aja)

pembeli : udah ngak papa sekilo deh 


dari situlah matematika ngak berlaku 
jika 8.200 itu keuntungannya 200 rupiah jika di bagi 2 keuntungannya jadi 100 rupiah dong belum lagi takaran berasnya,  bungkus beras satu kilo sama dua bungkus beras setengah kiloan itu banyak 2 bungkus beras yang ukuran setengah kiloan karena dalam menimbangnya menggunakan timbangan tradisional yang selalu menambahi bobot beratnya beda sama timbangan listrik yang selalu konstan 
belum lagi kreseknya yang 1 pak harga seribu jika satu pak berisi 30 kresek berarti 1 kesek harganya 33 rupiah :S 


masak 100-33-takaran 45( just analisa perkiraan takaran) = 22 rupiah laba T,T jika aku mengi yakan orang itu membeli setengah kilo :S pengemis pengamen aja minimal 100 rupiah :S


sabar... sabar.. sabar... begitulah semboyan kami para pedagang yang bertindak sabar karena tuntutan  keadaan yang kemudian menjadi kebiasaan, Allhamdulillah yach :)


kalo kehidupan keluarga kalian tidak seperti di atas yack syukurilah berarti kalian termasuk orang mampu :).
tetapi kalo belum merasa syukur, ingin tahu derita orang tak punya saya punya cara cobalah :) 
ingen tahu derita orang tak punya cobalah lakukan ini selama sebulan
1. kemana mana jalan kaki 
2. jangan minta bantuan teman menjemput karena orang tidak punya sedikit punya teman, teman menjahuhi karena di anggap menyusahkan saja, jika ingin pergi jauh naiklah angkot, bus dan prasarana umum lainnya
3 hanya untuk yang hidup di kota besar, untuk yang hidup di kota kecil pedesaan jangan lakukan karena hanya menghambat pekerjaan anda bisa jadi 1 jam waktu kamu habiskan untuk menunggu satu angkot yang datang. dan untuk wanita jangan lakukan pada saat malam hari
4. disetiap jalanmu akan menemukan sesuatu yang berharga :)


loh malah curhat T.T


kembali ke siti gendeng




ketika dia (siti-red) meminta uang dan besaran uang yang diminta, timbul pertanyaan di hati bagaimana dia tahu uang sementara dia kan gila???


bahkan pernah membeli rinso seharga 1.000 dia pun memberikan uangnya selembaran seribu aku heran dia mengerti uang tapi orang orang mem fonis dia gila, atau memang dia hila separo :D hehhee


setiap dia datang ketoko selain menghitung uangnya yang entah di dapat dari mana kemungjinan besar sih dari meminta dia selalu tanya harga dia berlagak seperti orang normal padahal semua juga tahu dari penampilannya saja dia sudah seperti beda alam dengan kita


dulu waktu kecil tetangga saya pernah cerita perkara gilanya si siti karena di putus pacar waktu itu aku tak tahu pacar itu apa :D hahhaa
 tapi ya sudah lah saya juga tak mengeri


yang membuat saya paling terharu adalah T.T


setiap dia hendak pergi dari tokoku selalu bilang "Tak dungakne laris yo le ( ku do'akan banyak pembeli ya nak)"


duhhh siti T.T


waktu kecil bersama teman teman ku sering melemparimu di pinggir jalan  dengan jambu T.T dan mengolok olokmu T.T


tapi kini kau selalu mendoakan ku T.T ma'v kan aku ma;avkan teman temanku siti.

0 komentar:

BUMI MALANG MIG33 COMUNITY

Pengikut

About This Blog

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP